Tipe Jahitan Pakaian kantor

Tipe jahitan pakaian kantor – Pakaian selain bermanfaat sebagai pelindung tubuh dan pendukung penampilan juga berfungsi sebagai indentitas penggunanya. Salah satu pakaian yang memberikan identitas pada pemakaianya adalah seragam atau pakaian kantor.

Untuk mendapatkan sebuah pakaian yang baik, selain model dan warna juga harus diperhatikan fungsinya. Salah satu hal yang mempengaruhi kualitas adalah tipe jahitan. Berikut beberapa tipe jahitan yang umumnya akan kita temui.

Jahitan superimposed

Tipe Jahitan
contoh tipe jahitan superimposed

Tipe Jahitan pakaian kantor Superimposed. Merupakan jenis jahitan yang biasanya digunakan untuk menyambungkan dua helai kain agar menjadi sebuah kesatuan yang utuh. Dengan menggunakan dua benang ( satu berada dibawah dan yang satu berada pada jarum).

Sulam Lapped

Jahitan lapped dibentuk oleh minuman dua buah komponen. Yang mana latak sisi tepinnya berawalan dan saling menumpang. jahitan lapped banyak digunakan pada pembuatan produk jeans konstrituksinnya kuat.

Bordir Seam

Jahitan bound atau bound seam dibentuk minuman oleh dua buah komponen komponen. Pertama terbatas pada salah satu sisinnya sedangkan komponen pertama.

Flat Seam

Tipe jahit pakaian kantor kanFlat Seam ini dibentuk oleh minuman dua buah komponen. Yang mana letak sisi terbatasnya berawalan dan kedudukannya sejajar. Pada jenis jahitan ini cara menjahitnnya yaitu dengan menyambung tekukan dua pinggiran kain. Dengan rata lalu jahit dengan setika kuncinnya zig-zag.

Setikan Dekoratif/ Ornamental

Setikan dekoratif atau ornamental merupakan jenis setika yang menggunakan lalu lurus tanpa terpotong atau melengkung. Dan dapat mengikuti pola desain ornamental yang terdapat pada satu helai kain.

Jahitan Pinggiran

Jahitan pinggir merupakan jenis setikan yang terdapat di bagian pinggiran kain. Jenis jahitan yang paling sederhana dari operasional inni adalah seiring.

Jahitan untuk menyatutan bagian yang terpisah

Kelompok jahitan memerlukan tambahan komponen lain. Pada bagian pinggiran helai kain semisal pita semisal pita karet pada bagian pinggir celana dalam wanita. Jahitan jenis ini memerlukan dua komponen

Jahitan Konstruksi Tunggal

Jahitan konstruksi tunggal jenis jahitan yang terdiri dari kain satu helai bahan yang terletak ke dalam pada bagian kedua pinggirannya. Jahitan ini sering digunakan untuk lingkar sabuk pada celana lainnya.

Jahit Rantai

Seperti namanya jahit rantai ini menghasilkan jahitan seperti rantai. Jahit rantai biasa digunakan untuk menjahit dari pundak kiri , belakang leher dan pundak kanan. Sebenarnya ini awalnya hanya salah satu teknik jaitan yang mempermudah pengerjaan kaos. Tapi untuk saat ini dijadikan salah satu acuan untuk pembuatan kaos yang berkualitas. Karna dilihat dari hasilnya cukup rapi dan unik.

Untuk jahit rantai ini terdapat kain atau yang disebut bis. Yang berfungsi sebagai penutup jahitan obrasan pada pundak agar terlihat rapi. Jenis jahitan bis ini merupakan turunan dari jahit rantai.

Jahit Overdeck

Jahit Overdeck adalah salah satu jenis jahitan yang dihasilkan oleh mesin overdeck high speed. Jahitan jenis ini biasanya digunakan pada bagian lengan dan bawah kaos. Kain dilipat dan dirapihkan jaitannya oleh mesin ini. Mesin ini pun bisa dimodifikasi menjadi salah satu jahitan yang bernama jahit kumis. Jahit overdeck menggunakan 3 benang dan 2 jarum sedangkan jahit kumis itu menggunakan 5 benang dan 3 jarum.

Jahit Lurus

Jahit lurus biasanya digunakan untuk menjahit lurus. Jahitan ini jarang digunakan pada kaos standar distro. Tetapi digunakan untuk menumpuk jahitan obras di kaos partai dan biasanya digunakan untuk menjahit kemeja.

Tipe jahitan pakaian kantor – dengan mengenal beberapa tipe jahitan pakaian kita bisa mendapatkan pakaian yang berkualitas baik. Untuk pakaian kantor terbaik, anda bisa menghubungi penjahit profesional atau jasa Konveksi PekanbaruKharisma Tailor“.